Friday 7 February 2014

Tempat Terdekat Dengan Tuhan

Sejenak mungkin anda semua merenung, berpikir tentang apa yang saya maksudkan dengan tempat terdekat pada Tuhan. Apakah itu Baitullah di Mekah, atau langit ke-7 ('Arasy), atau kematian? Jawaban jawaban tadi memang benar, tapi yang ingin saya sampaikan disini adalah sebuah keterangan yang menyatakan bahwa Sujud adalah posisi dimana anda sangat dekat dengan Tuhan. Bahkan tak terhalang sesuatu apapun. Benarkah? Lalu sujud yang seperti apa, bolehkah sujud ditengah jalan raya? Oho...jangan dong, terlalu beresiko terlindas benda berasap pekat. Hehehe! Maksud saya truk. Yah, sujud saat shalat lah, saat kita menghadap Tuhan - jangan diartikan kematian yah! Hehehe.

Seperti yang kita tahu bahwasanya sujud adalah rukun dalam shalat (kecuali shalat jenazah). Nah, diantara posisi-posisi shalat yang lain seperti berdiri, duduk, dll ternyata posisi sujud ini memungkinkan kita berada sangat dekat dengan Tuhan. Sujud adalah simbol pengabdian seorang hamba pada Tuhannya, simbol penyembahan yang absolut. Sujud adalah suatu bentuk kesetiaan hamba pada Sang Pencipta. Dan dalam sujud terdapat begitu banyak makna dari berbagai segi, diantaranya adalah spiritual dan kesehatan.

Secara spiritual, jelas kalau sujud itu menggambarkan loyalitas seseorang terhadap Tuhannya. Tak heran kalau salah satu moment mustajab/terkabul nya sebuah do'a adalah saat sujud, terutama sujud terakhir dalam shalat sunat maupun wajib. Hal ini mengisyaratkan begitu sakralnya arti sujud dimata Tuhan. Hal ini juga yang memunculkan istilah bahwa tempat sujud itu adalah tempat terdekat kepada Tuhan. Tolong jangan diartikan secara sempit kalau tempat sujud itu adalah sejadah, sehingga anda bawa sejadah ke kemana-mana hanya karena beranggapan anda sedang dekat dengan Tuhan. Macam mana pula itu. Hehehe!

Ternyata eh ternyata, dari sisi medis manfaat sujud itu sangatlah besar. Diketahui bahwa posisi sujud itu memungkinkan aliran darah ke otak menjadi lancar. Tapi saya sarankan, kalau sujud hendaklah berlama-lama. Yah, minimal nggak asal nempel langsung ngangkat gitu! Nabi pernah ditanya oleh para sahabat tentang sujud ini, kenapa beliau suka berlama-lama ketika sujud. Jawaban beliau adalah, sujud yang sebentar tidaklah mendatangkan manfaat apa-apa. Namun yang perlu digaris bawahi disini adalah, boleh sujud selama yang anda mau, syaratnya kalau lagi shalat sendiri. Saya khawatir kalau anda imam terus sujudnya lama, begitu beres nengok ke belakang makmum sudah pada pulang! Hahaha. Kacau!!

Nah, mudah-mudahan bahasan kita kali ini bermanfaat yaah. Silakan share/bagikan ke teman-teman anda sekiranya tulisan ini bermanfaat. Kritik & saran boleh via email. Terima kasih atas kunjungan anda.

Ada yang lebih menarik disini.....KLIK!!

4 comments :