Monday 17 February 2014

Internet Buat Anak, Sehatkah?

Internet adalah sebuah fenomena zaman yang tak terelakkan di abad 21. Internet seakan menjadi hal yang sangat urgen di lingkungan kita, bahkan di dunia anak-anak. Apa sih, manfaatnya internet buat anak-anak? Apa benar mereka butuh yang namanya internet? Sebelum ke sana, sebaiknya simak dulu cerita berikut ini yang bertema kan internet.

Bi Oneng adalah pemilik warung nasi sedangkan Joko, seorang sales sebuah perusahaan elektronik yang kebetulan mampir ke warung bi Oneng dan memesan menu kesukaannya. Dengan sigap bi Oneng melayani pesanan Joko, tak lama kemudian pesanan dihidangkan. Dari pertama duduk, sampai selesai makan Joko tak henti-hentinya meng otak-atik iPad miliknya. Maklum lah, jaman sekarang kan gadget itu
sudah jadi teman hidup (selain istri/suami) hehehe. Terjadilah percakapan antara keduanya :
Bi Oneng : Mas, itu apaan sih? Saya kok baru lihat (maklum pok oneng sibuk di warung jarang nonton tv)
Joko : Ini namanya iPad mbak. Fungsinya seperti komputer, bisa main game, bisa internetan juga.
Bi Oneng : Oh, kalo game tau. Nah, internet tuh apa? Bukannya indomie+telor pake kornet?
Joko : Hahaha. Yang ini beda mbak, internet bisa buat cari informasi, ngobrol di fesbuk, buat dagang juga bisa mbak. Banyak kok yang dagang di internet, lebih cepet laku lho...

Bi Oneng : Ah yang bener? Emang alat itu harganya berapa, bibi mau beli kalo bisa bikin dagangan jadi laku!

Joko : Oh ini sih sekarang harganya sekitar 5-7 jutaan. Tapi mbak juga harus beli paket internetnya biar bisa onlen. Sekitar 50-100 rebuan tergantung kecepatan.
Bi Oneng : Hmmm....oke oke, beli satu lah (sambil mengluarkan uang dari sakunya)
Joko : Mau yang mana mbak? iPad atau merk biasa yang harganya miring? Saya anter ke otlet kami...
Bi Oneng : Saya beli internet nya aja yang 50 rebu. iPad nya nggak jadi ah, Muahaaaalll. Nih uangnya...
Joko : Hadeuuuhhh......

Pernahkah anda mendapati anak anda mantengin komputer seharian untuk sekedar menikmati game online? Atau pernah kan mereka sampai keseringan minta uang jajan yang ternyata jajanan mereka adalah game online? Hmmmm...mudah-mudahan tidak sampai seperti itu yah. Saya jadi miris melihat fenomena seperti ini, tak bisa dibayangkan masa depan mereka seperti apa. Yang lebih parah adalah kalau mereka sudah berani membolos demi internet, demi game online.

Saat ini internet memang bak makanan ringan yang orang-orang seperti tak bisa hidup tanpanya. Termasuk saya, hehehe! Yah apa salahnya kalau selama internet itu memang bermanfaat seperti sekarang ini. Saya posting artikel, anda baca artikel. Kan sama-sama gak ada kerjaan. Hahaha!

Terutama pada anak-anak, mari kita sikapi internet ini dengan bijak. Di sekolah, anak-anak sekarang dijejali tugas-tugas yang mengharuskan mereka terus berinteraksi dengan internet. Bagus sih, tapi coba perhatikan apakah mereka benar-benar menggunakan seluruh waktu dan uang yang anda berikan untuk menyelesaikan tugas? Sekali-sekali coba awasi dan sedikit kurangi privasi mereka ketika berinteraksi dengan internet. Bukan apa-apa, sudah banyak kasus penculikan dan orang hilang yang sebabnya adalah berinteraksi dengan orang tak dikenal di internet, dan hampir semua korbannya adalah remaja putri.

Tanpa harus mengekang kegiatan mereka, kita bisa lebih intens terhadap keselamatan anak-anak. Anda punya cara sendiri-sendiri, dan kedekatan emosional antara anak dengan orang tua adalah yang paling efektif. Sekian dulu, semoga tulisan saya bermanfaat. Silakan share seandainya anda ingin orang lain juga merasakan manfaatnya. Terima ksaih atas kunjungan anda.

No comments :

Post a Comment