Wednesday 26 March 2014

Waspada Kejahatan VIA Broadcast Massage

Kejahatan Via Broadcast Massage. Yah, jaman sekarang siapa sih yang nggak kenal BBM? Itu lho yang suka didemo kalo mau naek. Yups, anda salah tebak. Itu mah Bahan Bakar Minyak atuh! Harrr. Kita sekarang mau ngomongin seputar broadcast massage, atau yang anda kenal dengan istilah 'bc'. Tiap hari pasti ada aja yang kirim bc, iya kan? Pasti lah anda juga senasib, kecuali kontak anda kosong atau paket bbm/internet nya nggak pernah aktif. Hahaha!
Akhir-akhir ini saya dan mungkin jutaan rakyat indonesia (yang nonton redaksi siang trans7 - minggu) dikagetkan dengan berita soal kejahatan via broadcast massage atau bc. Iya, kalau sebelum-sebelumnya santer kabar tentang penipuan via sms "mama minta pulsa", nah sekarang jauh lebih canggih. Yakni dengan memanfaatkan massanger dan sosial media. Mau tahu gimana modusnya? Yuk simak...

Ini bukan kejahatan kelas teri, karena yang bertanggung jawab adalah orang yang menguasai teknologi. Dengan berbekal alamat email, dia (pelaku) dengan mudah meretas akun si pengguna dan mendapatkan semua data pribadi yang tersimpan dalam email tersebut, termasuk akun bbm dan sosial media. Dia memanfaatkan broadcast massage sebagai sarana untuk mengumpulkan sebanyak mungkin kontak bbm. Kalau anda masih bingung, begini : Kontak bbm >> diretas >> dapat email >> dapat akun sosmed >> mengelabui korban.

Setelah si pelaku mendapat data yang dia inginkan, lalu dia berpura-pura meminjam sejumlah uang menggunakan akun sahabat/orang yang anda kenal. Ketika anda cross check ke sosmed orang tersebut (sahabat anda), dia (pelaku) kembali mengelabui anda dengan berpura-pura jadi sahabat anda. Setelah anda percaya, dia menyuruh anda mentransfer uang yang dia pinjam ke sebuah rekening seseorang (yang bekerja sama).

Entahlah, percaya tidak percaya tapi ini benar-benar terjadi di Jakarta. Pelakunya adalah seorang pemuda sarjana teknik informatika asal bandung (nama/inisialnya lupa. Hehehe) yang sekarang medekam ditahanan, karena berhasil dibekuk oleh kesatuan cyber crime Polda Metro Jaya. Kalau mau memastikan, silakan cek dan tanyakan langsung ke pak polisi disana. Hahaha! 

Repot yah? Yah nggak usah, yang pasti... Pesan yang ingin saya sampaikan dari kejadian ini adalah, manfaatkan teknologi dijalan yang benar, nggak perlu lah kirim-kirim atau nerusin bc yang kurang bermanfaat, berita yang nggak jelas kebenarannya, apalagi spam. Buang-buang waktu lah, iya toh? Hmmm... Rupanya informasi dari saya cukup sekian untuk kali sekarang. Mudah-mudahan bermanfaat, silakan share biar teman-teman anda juga baca. Thanks yah udah main ke Lovin' Baby :)

No comments :

Post a Comment