Thursday 20 March 2014

Jangan Ada Teriakan di Dalam Rumah

Saya ingin bercerita tentang betapa teriakan itu mematikan. Ini adalah kisah nyata yang terjadi di sekitar kepulauan solomon, pasifik selatan. Cerita tentang penduduk solomon yang meneriaki sebuah pohon hingga mati. Entahlah benar dan tidaknya, tapi kita akan mengambil hikmah. Sumber kisah ini saya ambil dari cerita motivasi yang saya download di playstore.

Penduduk solomon punya kebiasaan unik, yakni meneriaki pohon. Untuk apa? Ini dilakukan karena terkadang ada pohon yang begitu kuat akarnya sampai-sampai susah ditumbangkan, maka mereka memilih cara ini. Entahlah mereka dapat inspirasi dari mana, terdengar gila memang, tapi ini berhasil.

Bererapa orang penduduk yang lebih kuat fisiknya memanjat, dan sebagian cukup berada dibawah. Lalu mereka serentak melakukan teriakan-teriakan selama berjam-jam dalam sehari. Hal itu mereka lakukan selama kurang lebih 40 hari. Sungguh ajaib, pohon yang diteriaki itu perlahan daunnya mulai mengering, dahan-dahan rontok, dan mati perlahan sehingga mudah ditumbangkan. Subhanallah!
Nah, dari kejadian diatas kita dapat belajar satu hal. Mungkin banyak hal sebenarnya, tapi kita akan bahas satu hal saja. Bahwasanya, teriakan itu ternyata dapat mematikan roh. Yah, seperti sebuah pohon yang diteriaki terus menerus bisa mati perlahan. Menurut anda masuk akal nggak cerita diatas itu? Boleh lah anda berpendapat apa saja, yang jelas kalau saya lebih menilai bahwa memang benar teriakan itu dapat mematikan. Mematikan roh, roh berarti spirit, spirit berarti apa-apa yang menggerakkan kita.

Ilustrasinya adalah seperti ini, mana yang lebih membuat anda semangat untuk mengerjakan, ketika bos/atasan anda menyuruh dengan teriak-teriak atau dengan lembut penuh perasaan? Kalau itu terjadi pada saya sih, mungkin saya akan kerjain balik tuh si bos biar tau rasa. Hahaha! Lah iya kan, kalau caranya nggak enak seperti itu, mana enak kita mengerjakannya? Kalau hati sudah dongkol, mana bisa kita kerja dengan optimal?

Situasai ini berlaku juga dirumah anda. Hati-hati, teriakan yang anda tujukan pada saudara, anak, apalagi orang tua bisa membuat mereka mati secara spirit. Artinya semangat hilang, hubungan tidak harmonis, kreatifitas terhambat, rezeki bisa sangat mungkin berkurang bahkan menjauh. Saya pernah membahas hal serupa di artikel sebelumnya >> Waspada BOM Dirumah Anda!! yang mungkin juga menginspirasi anda.

Rupanya sekian dulu bahasan kita soal teriakan, mudah-mudahan bermanfaat.

5 comments :