Sunday 5 January 2014

Cinta Dibalik ASI

ASI (Air Susu Ibu). Siapa diantara anda yang tidak kenal kata itu? Saya yakin semua pasti tahu, bahkan anak TK juga kalau dikasih tahu yah pasti tahu. Hehehe


Yah, seperti yang kita tahu bersama bahwa ASI sangat sangat bermanfaat bagi kita (waktu masih bayi maksudnya hehehe). Bahkan Al-quran menjelaskan dalam surat Al-baqarah (2:233), disebutkan disitu bahwa seorang ibu hendaklah menyusui anaknya selama dua tahun penuh (untuk lengkapnya, buka Al-quran). Ayat ini membuka pikiran kita, kalau seorang bayi yang 9 bulan dikandung itu masih belum sempurna, masih lemah, nah ASI inilah yang menyempurnkannya.

Coba anda pikirkan betapa dahsyatnya manfaat ASI untuk seorang anak. Nih, diantara sejuta manfaat yang terkandung dalam ASI :

1. Menumbuhkan EQ atau kecerdasan emosi sang anak. Ketika sang ibu menyusui bayi adalah saat intim dimana seorang ibu mencurahkan segenap kasih sayangnya bersamaan dengan ASI yang keluar. Secara tak sadar hal itu melatih kecerdasan emosi anak, kecerdasan yang sangat berkaitan erat dengan perasaan. Beda ketika yang dikasih adalah susu sapi melalui dot, mau merk apapun yah keluarnya dari sapi. Kebayang kan?

2. Kandungan Gizi yang tidak terdapat dalam susu formula atau kalau ada kemungkinan sangat kecil, seperti : Immunoglobulin A (IgA) yaitu zat yang melindungi bayi dari serangan infeksi, Ganfliosida (GA) yang berperan dalam pembentukan memori dan fungsi otak besar serta sebagai alat konektivitas sel otak bayi, Protein yang disebut protein kasein dan whey. Protein yang terdapat dalam ASI ini bersifat lebih mudah dicerna oleh tubuh bayi, dibandingkan dengan protein yang berasal dari susu mamalia lainnya, Asam Lemak yang merupakan komponen dari semua jaringan tubuh dan diperlukan untuk perkembangan jaringan sel, otak, retina dan susunan saraf.

3. Ibu sehat cantik dan ceria. Karena ibu yang menyusui setelah melahirkan zat oxytoxin-nya akan bertambah, sehingga dapat mengurangi jumlah darah yang keluar setelah melahirkan.

4. Menyayangi bumi, menyukseskan perlindungan alam. ASI bersuhu alami segar bebas bakteri, maka tak perlu dipanaskan dan disteril, bisa mengurangi pemborosan bahan bakar.

5. Ngirit biaya. Kalau nggak percaya yah dicoba aja (saya nggak omong kosong, karena ini hasil riset dari orang-orang sekitar)

Loh katanya sejuta, kok cuma 5?
Lah emang kalo ditulis semua situ mau baca satu-satu?
haarrrr

Zaman sekarang, banyak sekali alasan untuk seorang ibu jarang memberi ASI pada anaknya...sibuk lah, susah keluar lah, padahal ada sejuta manfaat yang kita dapat dari ASI. Sekarang taruh lah anda memang bermasalah dengan ASI, saya tanya sudah sejauh mana anda berusaha? Sudah berapa cara anda tempuh? Pasti ada solusi, PASTI. Lah kambing saja nggak mau minum susu dari sapi, masa anak anda sikadih susu sapi? Hehehe!

Saya yakin seyakin-yakinnya bahwa tidak mungkin Al-quran membahasnya kalau tidak terbukti kebenarannya. Kalau anda masih ogah-ogahan berusaha ngasih yang terbaik untuk bayi anda, masih nggak mau repot, saya sarankan mending miara boneka aja biar praktis...hahaha

Jika tulisan ini anda rasa bermanfaat, silakan share. Pahala besar untuk anda yang peduli sesama :)
Ada yang lebih menarik disini.....KLIK!!

No comments :

Post a Comment