Sunday 28 February 2016

9 Wisata Favorit Untuk Anda Sekeluarga

Di hari libur ceria ini, saya ingin mengulas 9 Wisata Favorit yang bisa menjadi referensi anda disaat weekend tiba.

Sengaja saya meng-ekspose objek-objek wisata yang ada di Garut tercinta. Tujuan nya, tiada lain tiada bukan suapaya anda tertarik datang ke Garut kota intan, yang baru saja merayakan hari jadinya yang ke 203. Waah selamat ya...

Kota Garut yang secara geografis dikelilingi gunung, tentu lah jadi tambang emas bagi para investor yang menanamkan modalnya di sektor wisata. Secara, beberapa tahun belakangan, Garut makin terkenal karena seringnya diliput berbagai media.

Nah, biar nggak penasaran tentang Garut, langsung saja disimak ya. Inilah 9 Wisata Favorit Untuk Keluarga Anda :

1. Wisata Pantai

Posisi Garut yang secara geografis berada disebelah selatan pulau jawa, memungkinkan Garut memiliki objek wisata pantai yang indah mempesona. Diantaranya :

a. Pantai Santolo

Terletak di kecamatan Pameungpeuk, Garut selatan, sekitar 3 jam dari pusat kota. Pantai ini menyajikan pemandangan laut yang aduhai. Biaya penginapan yang terjangkau, serta penduduknya yang ramah, saya jamin anda dan keluarga akan merasa betah.


Terakhir saya kesana, sudah ada fasilitas water sport, bagus untuk anda penyuka tantangan.

b. Pantai Sayang Heulang

Bertetangga dengan pantai santolo, pantai sayang heulang menyuguhkan pemandangan indah, namun sedikit berbeda. Karena disini anda akan melihat hamparan terumbu karang yang sangat luas. Cocok untuk anda yang hendak ber-honeymoon.


Saya sarankan untuk berdua saja, nggak usah bawa anak-anak.hehehe

c. Pantai Rancabuaya

Terletak di Bungbulang Garut selatan. Saya sendiri belum pernah kesana, tapi menurut informasi yang saya terima dari orang terpercaya, mengatakan bahwa pantai ini tidak jauh beda keindahannya dengan pantai-pantai di pameungpeuk.


Walaupun ttidak terlalu ramai pengunjung, tapi pemandangan laut yang eksotis ditambah udara yang segar, akan menjadikan suasana weekend anda tak terlupakan.

2. Wisata Taman Air

Ada dua objek wisata taman air di kota Garut, yang bisa and jadikan referensi. Sebenarnya sih banyak, tapi saya tuliskan dua saja yang paling tersohor. Langsung saja, ini dia :

a. Darajat Pass

Terletak dipegunungan kecamatan pasirwangi Garut, Darajat Pass menjelma jadi wisata alam primadona di kota Garut. Keindahan panorama pegunungan yang terhampar sepanjang perjalanan, sampai ditempat wisata disuguhi lukisan alam yang menakjubkan.


Hal itulah yang mungkin menarik minat ribuan wisatawan luar Garut setiap minggunya. Saat lebaran atau libur sekolah, jumlahnya bisa sampai tiga kali lipat. Selain waterpark dan pemandangan, outbond juga ada.

Selain itu, yang menarik adalah harga tiket yang cukup terjangkau, yaitu Rp.20.000,- (anak-anak) dan Rp. 22.000,- (dewasa) untuk weekday dan Rp.25.000,- (semua umur) Untuk weekend. Cukup murah bukan?

b. Sabda Alam Water park

Terletak di kaki gunung guntur, Cipanas Garut. Sabda Alam mengklaim sebagai wisata taman air panas pertama di Indonesia. Tidak terlalu jauh dari pusat kota, bahkan dari arah bandung dan jakarta, lebih bisa langsung ke tempat wisata tanpa melewati tengah kota.


Taman air yang cukup luas dan kumplit, plus outbond dengan fasiltas lumayan lengkap, tentunya sangat cocok untuk anda mengisi liburan bersama keluarga. Tiketnya juga tidak mahal, yakni sebesar Rp. 30.000,- untuk weekday, dan Rp. 40.000,- untuk weekend. Gimana, tertarik?

3. Taman Satwa Cikembulan

Satu-satunya taman satwa dikota Garut, yang konon didirikan oleh pak Dicky Chandra yang waktu itu masih menjabat wakil bupati Garut (informasi ini saya belum konfirmasi kebenarannya). Taman satwa Cikembulan ini terletak di kecamatan Kadungora, Garut.


Taman satwa cikembulan memiliki kurang lebih 214 spesies satwa (sumber : Info Garut) yang terawat dengan baik, serta diberi makan tiap hari supaya nggak mati. Hehe. Oya, harga tiketnya juga sangat murah, Rp. 12.000,- untuk dewasa dan Rp.6.000,- untuk anak-anak.

Luas taman satwa cikembulan memang tidak terlalu besar, yakni sekitar 5ha (sumber : zonalibur.com), tapi anda dijamin puas karena disana juga ada outbond dan taman bermain untuk anak-anak anda. Buat yang suka mancing, disana juga ada sewa kolam pancing ikan.

4. Candi Cangkuang

Bicara tentang situs peninggalan kuno seperti candi, perhatian anda pasti tertuju pada Daerah Istimewa Yogyakarta. Ya, karena disitu memang gudangnya candi. Tapi anda juga harus tahu, Garut ternyata punya satu situs peninggalan kuno yang bernama Candi Cangkuang.


Letaknya tidak jauh dari taman satwa Cikembulan, yakni di Kecamatan Leles, Garut (tetanggaan sama Kadungora). Konon, candi inilah yang pertama kali ditemukan dan satu-satunya candi Hindu tatar sunda (sumber : wikipedia).

Karena harga tiket yang sangat murah, objek wisata ini cukup banyak peminatnya dikala weekend dan libur nasional. Bangunan candi kecil yang indah bagus untuk anda yang gemar selfie.

5. Kamojang Green Hotel & Resort

Letaknya sangat strategis untuk anda yang menginginkan privasi, servis yang prima dan fasilitas kelas wahid. Kelihatan dari namanya kalau hotel ini mempunyai konsep keindahan alam. mulai dari bentuk bangunan yang menyerupai daun-daun, sampai resort yang terapung diatas kolam ikan.


Karena keindahan hotel ini yang eksotis, banyak calon pengantin yang melakukan sesi foto prewedding ditempat ini. Kamojang Green Hotel & Resort juga dilengkapi fasilitas outbond yang cukup luas. Yang pasti anda sekeluarga pasti terpuaskan.

Oya, untuk informasi tarif dan lain-lain anda bisa klik >> kamojanggreenhotel.com

6. Kawah Papandayan

Buat anda penggemar petualangan, Kawah Papandayan memang sangat cocok untuk dijadikan referensi. Letaknya tidak terlalu jauh dari pusat kota, hanya berjarak kurang lebih 28 km. Kawah papandayan berjumlah 14 buah, dan mengeluarkan asap yang beda warna (sumber : Garut Pisan)


Yang menarik buat saya justru bukan kawahnya. Tapi justru, hamparan bunga edelweis yang hanya mekar satu kali dalam setahun (kalau nggak salah.hehe). Ada tantangan untuk sampai ke taman bunga edelweis, yaitu anda harus melewati ber kilo-kilo meter jauhnya, naik turun gunung dilembah yang curam.

Untuk lebih bisa menikmati tantangannya, saya sarankan untuk anda sempatkan diri datang ke tempat ini.

7. Kampung Bali

Anda pasti mengira kalau objek wisata ini suasananya mirip di Bali, iya kan? Padahal anda benar! Tidak lah mungkin disebut kampung Bali, kalau suasananya mirip Texas. Hahaha


Terletak di kecamatan Cibatu, sekitar 30-35 menit dari pusat kota (kalau naik mobil ya, jalan kaki beda lagi). Objek wisata ini benar-benar menyuguhkan suasana yang benar-benar mirip suasana di Bali. Lihat saja bangunan-bangunan dan pemandangan alam yang dibuat semirip mungkin dengan Bali yang asli.

Ada paket-paket tertentu buat anda yang penasaran ingin bertandang ketempat ini, seperti paket wisata wahana keraton dari mulai yang hemat sampai eksklusif. Juga ada paket prewedding serta penginapan. Untuk linfo ebih jelas, tinggal klik >> log.inigarut.com

Bagi anda yang anggaran nya terbatas, boleh lah mencoba dulu singgah ke kampung Bali. Gak beda-beda jauh kok, cuman disini gak ada pantai kute-nya plus bule-bule yang lagi jemur bokong.hehe

8. Goah Gumelar (Chocodot)

Nah, sekarang waktunya wisata kuliner. Saya yakin, sebagian dari anda sudah tahu apa itu chocodot. Tuh kan bener, anda tepat! Chocodot adalah coklat isi dodol hasil inovasi kang Kiki Gumelar yang sekarang sudah terkenal ke seantero negeri, bahkan sampai ke mancanegara.
Perlahan, chocodot ini menjadi salah satu icon kota Garut. Nah, untuk anda yang penasaran karena belum nyoba, disepanjang jalan arah Bandung-Garut banyak bertebaran outletnya. Tapi, kalau seorang petualang kuliner sejati, anda harus coba masuk ke Goah Gumelar.

Terletak di pusat kota, yaitu jalan Siliwangi, tempat ini sangat rame disaat weekend. Tempat ini konsepnya cafe dengan menu andalan coklat, cake, dan bakery. Selain itu ada menu-menu lain yang dijamin memanjakan lidah anda. Tempat ini juga cocok buat anda yang ingin bersantai.

9. Sukaregang Leather Center

Apalah artinya berwisata kalau pulang tidak bawa oleh-oleh, betul nggak? Liburan itu haruslah lengkap, puas dengan objek wisatanya, puas juga dengan oleh-olehnya.


Poin terakhir ini tidak tepat kalau disebut objek wisata, tapi sangat tepat kalau disebut pelengkap wisata. Tempat yang saya referensikan ini adalah tempat dipasarkannya berbagai kerajinan kulit asli khas Garut. Dari mulai alas kaki sampai penutup kepala. Semua berbahan kulit, asli kulit!

Pintar memilih tempat plus pintar menawar akan jadi keuntungan tersendiri buat anda. Yah, maklum saja, di Sukaregang Leather Center ini terdapat ratusan toko yang harga dan kualitasnya tentu berbeda. Kalau anda jeli, pasti dapat barang kualitas terbaik dengan harga yang ramah.

Ah...sudah 3 jam lebih sejak kata pertama saya ketik untuk postingan ini. Sudah banyak ngomong, sudah pegal juga tangan ini, hehehe. Waktunya saya pamit.

Sekian dulu, semoga bermanfaat ya
Wassalam...

No comments :

Post a Comment